SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Kembangkan Kreatifitas Siswa Dengan Praktek Teater Pembelajaran SBK

Rabu, 07 Nopember 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 24 Kali

Mungkin bagi kebanyakan siswa belajar di kelas merupakan hal yang membosankan. Namun tidak bagi siswa SMK Airlangga yang sedang asyik mengikuti pembelajaran Seni Budaya dan Keterampilan yang diajarkan oleh Ibu Galint Fatmawati.

Tidak seperti biasanya, tugas yang diberikan oleh guru mata pelajaran ini sangat berbeda, yaitu membuat sebuah penampilan drama teater yang diperankan oleh beberapa orang dalam satu kelompok. Teater biasa dijumpai pada mata pelajaran yang berkenaan dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, namun kali ini mata pelajaran SBK pun bisa dijadikan tempat untuk menumpahkan bakat dalam melakukan drama teater. Setiap kelompok membuat teks sebagai acuan dalam pelakonan masing-masing pelakon. Sebagai kelas yang melakukan pertunjukkan drama kali ini adalah kelas X Akuntansi. Para siswa siswi dari kelas X Akuntansi pun mempersiapkan diri jauh hari sebelum memperagakan beberapa adegan yang dipertunjukkan di depan kelas. Mereka dengan tekad yang kuat ingin membuktikan daya kreatifitasnya walau hanya bermodal alat seadanya dan skill atau kemampuan akting yang masih dasar. Walau dengan keterbatasan tersebut, tidak mengurangi kegigihan para siswa untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh gurunya.

Dalam adegan teater memang tak sepenuhnya bisa dilakukan dengan maksimal dikarenakan kurangnya persiapan latihan dan terdapat dialog yang lupa dalam pengucapannya. Namun antusiasme mereka layak untuk diapresiasi oleh para  siswa lainnya dan juga guru.

Semoga semangat kreatifitas dan kerja keras para siswa SMK Airlangga ini dapat dikembangkan lebih lanjut sehingga dapat pula menjadi prestasi nantinya yang membanggakan sekolah maupun untuk kepuasan diri pribadi. Dengan adanya pola pembelajaran kreatif yang memanfaatkan imajinasi dan kekompakkan tersebut, semakin menjadikan siswa lebih kreatif dan menjadikan proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan dan dapat mengasah bakat terpendam siswa yang masih belum ditampilkan.

Selamat atas pertunjukkan teater yang ditampilkan, semoga mendapatkan hasil yang terbaik.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL