SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

PENYULUHAN TIM PUSKESMAS DENGAN TOPIK MENCEGAH HIV AIDS DAN ANTI TEMBAKAU

Kamis, 11 Oktober 2018 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 9 Kali

Rabu, 10 Oktober 2018 di aula Smk Airlangga Balikpapan kedatangan tamu dari Puskesmas Gunung Sari Ulu yang memberikan penyuluhan tentang HIV & AIDS dan Bahaya Tembakau. Penyampaian ini disampaikan oleh Dr. Ika D.Ratag dan Ibu Dewi Anggreini yang menjadi program kegiatan dari Puskesmas Gunung Sari Ulu dan dihadiri oleh beberapa siswa/i dari perwakilan kelas XI TI dan Non-TI.

HIV adalah gejala awal sebelum masuk ke AIDS. Bahaya HIV ini dapat menyerang kekebalan tubuh manusia, penularannya pun dapat melalui aliran darah, jarum suntik, cairan sperma, cairan vagina dan air susu ibu. HIV tidak dapat dikenali karena tidak termasuk ke AIDS, namun kita dapat mengetahui HIV melalui tes HIV. Pengobatan HIV pun sampai saat ini belum ditemukan, tetapi untuk menghambat HIV dapat menggunakan Antiretofiral. Kegiatan manusia normal dengan manusia yang HIV seperti Makan dan minum bersama,tinggal serumah atau bersama di kolam renang tidak berpengaruh bagi manusia normal.

Sedangkan bahaya merokok sudah terbukti menyebabkan berbagai penyakit kronis seperti jantung koroner, kanker paru-paru dan stroke.

Rokok produk berbahaya karena menimbulkan ketergantungan, 1 batang rokok mengandung 4000 bahan kimia dan 69 zat yang menyebabkan Kanker diantara Skanida, Aren, Formalin, Nikotin, Tar dan lai-lain, tar dapat menyebab kerusakan dan Kanker.

Para pecandu rokok mulai dari orang dewasa,remaja dan bahkan ibu hamil. Mengapa remaja merokok? biasanya karena pengaruh pergaulan teman dan korban iklan merokok usia dini bagi remaja dapat mengurangi usia 7 tahun lebih cepat dibandingkan orang yang tidak merokok beberapa pengaruh dari merokok bagi remaja biasanya adalah perkelahian dan sex dini. Namun remaja dapat menolak bahaya rokok dengan memahami bahaya dan menilai bahwa dengan merokok merupakan hal yang tidak keren dan membakar uang. ''Bila perokok sudah berhenti merokok bagaimana cara menghilangkan zat kimia yang ada didalam tubuh?" pertanyaan dari Andi XI-Multimedia , Pemulihan tidak menjamin zat kimia dalam tubuh bisa hilang tetapi perokok dapat mencoba dengan olahraga teratur,gaya hidup sehat dan rajin ibadah,jawab Dr.Ika .

 

INGAT !!! Hanya perlu sehari untuk terbiasa merokok tetapi perlu bertahun-tahun untuk menghentikannya.

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL