SMK Airlangga Balikpapan

Jl. Letjend. S.Parman No.14 Gn.Guntur Balikpapan Tengah 76122

Learning Community Center

Yuk, Tingkatkan Kepedulian Terhadap Nasib Bumi di Hari Bumi Internasional 22 April!

Senin, 22 April 2019 ~ Oleh Administrator ~ Dilihat 141 Kali

Hari Bumi adalah hari pengamatan tentang bumi yang dicanangkan setiap tahun pada tanggal 22 April dan diperingati secara internasional. Hari Bumi ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian terhadap planet yang kita tinggali ini. Harapannya, semakin banyak orang yang peduli pada kelestarian alam, makin nyaman juga Bumi ini untuk ditinggali.

Orang yang mempelopori Hari Bumi Internasional adalah Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson, pengajar lingkungan hidup. Hari Bumi dicanangkan pertama kali pada tahun 1970. Saat itu kira-kira 20 juta warga Amerika Serikat dan mahasiswa turun ke jalan memenuhi sejumlah taman dan auditorium untuk mengampanyekan kesehatan dan kelestarian lingkungan. Kini hari bumi diperingati di lebih dari 175 negara dan dikoordinasi secara global oleh Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network).

Setelah masyarakat mulai peduli pada lingkungan, muncullah kelompok-kelompok pelestari lingkungan hidup, antara lain Environmental Action, kelompok Greenpeace, Environmentalist for Full Employment, Worldwatch Institute, dan masih banyak lagi.

Di masa yang semakin modern ini, tahu sejarah Hari Bumi saja tidak cukup. Kita juga bisa ikut memperingati Hari Bumi dengan cara masing-masing. Berbagai sekolah dan komunitas pecinta lingkungan di Indonesia juga ikut melakukan sesuatu pada Hari Bumi, misalnya:

  1. Berkunjung ke hutan gundul dan menanam banyak pohon di sana
  2. Bergotong-royong membersihkan sampah di taman dan jalan raya
  3. Melakukan sosialisasi diet kantong dan pembungkus plastik yang sulit diuraikan di tanah
  4. Mengadakan lomba pidato, mading atau karya tulis tentang Hari Bumi
  5. Membuat car free day, sehingga masyarakat memahami pentingnya berhemat energi BBM

Selain contoh-contoh di atas, masih banyak lagi acara yang bisa dilakukan untuk memperingati Hari Bumi. Penting bagi seluruh warga masyarakat menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan demi masa depan bumi yang lebih lama lagi. Selain itu, penghematan penggunaan listrik dan BBM juga bisa membantu menjaga bumi agar udara tetap bersih dan ozon yang melapisinya tetap terjaga.

Di SMK Airlangga Balikpapan sendiri, untuk mendukung adanya budaya bersih dan asrinya lingkungan diadakan program LISA yang merupakan kepanjangan dari Lihat Sampah Ambil yang artinya setiap siswa maupun guru yang melihat sampah berserakan disekitarnya diharapkan bisa memungutnya dan membuangnya ke tempat sampah yang telah disediakan. Selain itu, adapula kegiatan penghijauan area sekolah yang merupakan program dari ekstrakurikuler Green Generation. Semoga dengan adanya program kepedulian terhadap lingkungan semacam ini, seluruh siswa siswi SMK Airlangga Balikpapan semakin peduli dan sadar akan pentingnya menjaga bumi.

 

( Sumber : www.merdeka.com dengan beberapa penambahan)

KOMENTARI TULISAN INI

  1. TULISAN TERKAIT
...

Saeful, S.Pd

Assalamualaikum Wr.Wb Alhamdulillah segala Pujian dan  syukur selalu  kita  panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa karena Berkat dan Rahmat Nya,…

Selengkapnya

JAJAK PENDAPAT

Apakah menurut anda tampilan website ini sudah menarik ?

LIHAT HASIL